Test Footer 2

Saturday, April 13, 2013

seni


Kesenian ada 3 macam :



Dalam kesenian tradisional Indonesia seni rupa merupakan hasil ciptaan yang mengandung unsur-unsur seni berupa anyaman, ukiran, tenunan dan lain sebagainya.

Contoh seni rupa : seni patung, seni lukis, seni dekorasi, dan lain sebagainya.



Seni gerak adalah suatu seni yang di ciptakan dari sebuah gerakan tangan, kaki, mata, badan maupun anggota tubuh lainnya yang memiliki unsur-unsur keindahan seperti seni tari dan drama/teater.

Contoh seni gerak tari : tari pendet, tari remo, tari lilin dan tari tradisional lainnya yang ada di nusantara.

Contoh seni gerak drama : ludruk.



Seni suara adalah suatu seni yang di ciptakan melalui suara yang dapat menghasilkan suatu lagu yang dapat menghibur ataupun indah untuk di dengar.

Contoh seni suara : gending jawa, dan lagu-lagu tradisional lainnya yang ada di nusantara.



Seni sastra merupakan seni yang menggunakan media bahasa sebagai alat pengungkapan gagasan dan perasaan seniman.

Contoh seni sastra : babat, hikayat, tambo.

    Namun seiring perkembangan jaman kesenian tradisional posisinya semakin tergeser dengan datangnya kesenian populer, baik itu seni rupa, seni gerak, seni suara maupun seni sastra. Seni populer adalah seni yang datang dengan secara instan dan dapat di nikmati oleh semua kalangan dan usia baik kalangan bawah, menengah maupun atas dan dari usia muda hingga tua. Seni populer tidak akan mampu berumur panjang, karena seni populer tujuannya hanya untuk hiburan sesaat sehingga apabila seni populer yang keluar sudah tidak banyak di nikmati lagi oleh masyarakat dan hilang maka seni populer yang baru akan muncul, seni populer mudah terkenal dan mudah pula hilang. Seni populer cenderung mengabaikan usia, mereka tidak peduli budaya mereka di tiru oleh anak-anak yang seharusnya tidak patut menirunya, mereka mempunyai prinsip yang penting seni mereka bisa di nikmati oleh masyarakat dari berbagai kalangan sehingga masyarakat tersebut secara tidak langsung mengabaikan budaya maupun kesenian asli daerah mereka yang pada awalnya kesenian asli tersebut merupakan hiburan bagi mereka. Para konsumen seni populer sering menganggap kesenian asli atau kesenian tradisional merupakan seni kuno yang harus di tinggalkan karena kesenian tersebut tidak dapat mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern seperti sekarang ini. Seni populer yang ada di Indonesia bukan merupakan seni yang berasal dari Indonesia sendiri, seni tersebut datang dari negara luar yang notabene negara tersebut merupaka negara maju, dengan teknologi yang semakin canggih budaya yang ada di luar negeri bisa dengan mudah di lihat dengan mengakses dari internet, seni-seni populer tersebut banyak di nikmati oleh masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja meskipun dari kalangan orang dewasa pun juga banyak yang menikmati.

Contoh seni populer yang saat ini banyak di gemari maupun di nikmati oleh masyarakat Indonesia :



   Seni rupa populer yang saat ini di minati oleh kalangan remaja Indonesia adalah seni grafiti, seni grafiti adalah seni lukisan yang di gambar di dinding maupun di jalanan. Seni grafiti pada awalnya bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafiti digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu, kemudian pada jaman romawi kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidakpuasan baru dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar, namun seiring kemajuan jaman seni grafiti akhirnya tidak hanya di gunakan sebagai bentuk propaganda atau sindiran saja, sekitar tahun 1900-an seni grafiti akhirnya di kenal oleh negara-negara lain dan mengapresiasikannya. Hingga akhirnya masyarakat Indonesia pun mengenal seni tersebut, kebanyakan kalangan yang menyukai kesenian grafiti tersebut adalah kalangan remaja Indonesia, sejak awal mereka mengenal seni grafiti mereka belajar dan melukisnya di dinding-dinding jalanan. Jadi tidak heran jika sekarang ini banyak dinding-dinding maupun jembatan yang ada di jalanan, khususnya di kota-kota besar  penuh dengan gambar-gambar grafiti. Bahkan saking banyaknya remaja yang menyukai seni grafiti tersebut mereka sampai membuat sebuah komunitas sesama penyuka grafiti dengan tujuan untuk berbagi informasi dan lain sebagainya, dan saat ini seni grafiti tidak hanya sebagai gambar untuk protes tetapi juga sebagai seni yang dapat di nikmati oleh banyak orang yang lewat, khususnya yang lewat di jalan-jalan di kota besar.

Selain grafiti, seni rupa populer yang lain adalah seni melukis di atas pasir, seni rupa animasi 3 dimensi, dan lain sebagainya.



     Seni gerak populer saat ini yang paling di gemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya remaja indonesia adalah seni tari/dance dan lagu. Pada awalnya remaja indonesia tidak mengenal seni dance yang di iringi dengan lagu-lagu populer, sampai pada akhirnya sekitar tahun 2010-an budaya boyband dan girlband yang berasal dari negara Korea Selatan di kenal oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Boyband dan girlband tersebut bernyanyi sambil di iringi dengan tarian atau yang biasa di sebut dance, selain menari boyband ataupun girlband tersebut juga berpenampilan menarik dengan gaya fashion khas mereka, mereka juga terlihat ceria saat tampil seperti ciri khas remaja pada umumnya, meskipun tidak sedikit dari anggota boyband atau girlband yang umurnya tidak remaja lagi, boyband ataupun girlband memiliki anggota banyak biasanya minimal 4 orang. Dengan tampilan ceria mereka tidak heran jika banyak remaja-remaja dunia khususnya Indonesia meniru gaya boyband atau girlband tersebut, sehingga sekarang ini banyak dari remaja-remaja Indonesia yang membuat sebuah boyband atau girlband yang meniru gaya boyband dan girlband Korea Selatan tersebut.

Selain seni tari populer dance, ada juga seni drama populer yang banyak di nikmati oleh masyarakat Indonesia yaitu seni drama musikal, drama musikal adalah suatu bentuk ekspresi kesenian laku, gerak dan tari yang di kolaborasikan dengan musik yang menggambarkan suatu cerita yang di kemas dengan tata koreografi yang menarik sehingga terbentuklah sebuah drama musik atau drama musikal. Drama ini sangat menarik untuk di tonton selain adanya gabungan antara gerak dan musik cerita yang di bawakan oleh drama musikal ini juga banyak, dari humor, cinta, amarah dan sebagainya sehingga drama musikal ini tidak membosankan, dan banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan menyukai drama musikal ini.

Selain seni gerak tari dance dan seni drama musikal, ada pula seni gerak populer lain yaitu seni tari tari shuffle, seni tari hiphop, seni drama film dan sinetron.



Jika dulu seni suara hanya berupa lagu-lagu daerah dengan alat musik khas daerah pula, maka seni suara populer sekarang ini semakin banyak di ciptakan, lagu-lagu pop, rock, hiphop dengan di iringi alat musik elektrik yang canggih pula seperti gitar elektrik, drum, piano, dan lain sebagainya semakin banyak di nikmati masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia, khususnya para remaja. Banyak dari remaja Indonesia atau masyarakatnya yang mempunyai hobi bermain musik membentuk sebuah band dengan anggota minimal 4 sampai 5 orang, mereka mempunyai tugas masing-masing, ada yang memainkan gitar, bass, drum dan ada pula vokalisnya yang menyanyikan lagu-lagu pop atau rock, terlalu banyaknya generasi muda Indonesia yang menyukai seni suara tradisional ini maka semakin banyak pula generasi muda Indonesia yang tidak tahu tentang seni suara tradisional daerah mereka.



     Jika dahulu seni sastra merupakan seni yang di tulis oleh seniman sebagai bentuk pengungkapan sejarah yang terjadi pada masa lalu dalam bentuk tulisan, maka seni sastra populer yang sekarang ini banyak di kenal adalah seni sastra novel. Novel merupakan sebuah buku yang berisi cerita-cerita yang di tulis oleh novelis baik itu cerita fiksi atau nonfiksi, banyak orang yang gemar membaca novel karena cerita yang menarik dan juga tidak membosankan, hingga tidak sedikit dari orang yang hobi membaca novel ikut menulis novel meskipun tidak banyak dari mereka yang berusaha mengenalkan novel mereka ke masyarakat luas. Dari berbagai cerita novel yang bervariasi tidak sedikit dari novel tersebut sampai di filmkan hal itu terjadi karena banyaknya respon atau masukkan pembaca novel yang menyarankan untuk cerita dari novel tersebut di filmkan agar semakin banyak yang menikmati. Selain novel, seni sastra yang banyak di minati oleh masyarakat luas adalah puisi, prosa dan cerpen.

Seiring dengan majunya jaman, termasuk perubahan seni dari seni tradisional menuju seni populer maka tidak sedikit hal yang baru tersebut membawa dampak, baik itu dampak positif maupun dampak negatif bagi hal yang lama yang sudah di kenal banyak masyarakat. Pembaruan memang di butuhkan agar kita bisa menjadi manusia yang lebih modern lagi tetapi jika hal yang baru tersebut membawa dampak yang kurang baik bagi kelangsungan hidup bersama maka tentu kita juga harus bisa mengambil sikap dalam menerima semua hal baru tersebut agar kesenian yang lama tidak tergeser dan tetap mempunyai tempat di hati masyarakat.

Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif seni populer bagi masyarakat dan kesenian tradisional :


  • Dampak positif


Dengan adanya seni populer kita bisa mengenal kesenian yang ada di negara lain, karena sebagian besar negara di dunia, khususnya negara maju mampu menciptakan kesenian-kesenian populer yang dapat di nikmati oleh semua kalangan.
Kita bisa mengkolaborasikan seni yang kita miliki dengan kesenian populer, tanpa menghilangkan nilai keaslian seni budaya kita agar masyarakat luas semakin mengenal kesenian yang kita miliki.
Dan masih banyak lagi.
Dampak negatif

Seni populer membuat generasi muda semakin melupakan kesenian tradisional yang di miliki
Tanpa di sadari seni populer mampu membunuh kesenian tradisional yang sudah menjadi hiburan masyarakat nusantara selama berabad-abad dan turun temurun.
Di sadari atau tidak seni populer telah merubah gaya hidup masyarakat yang awalnya sederhana menjadi kebarat-baratan.
Seni populer mampu merubah pemikiran masyarakat menjadi tidak peduli nasionalisme dan fokus terhadap perkembangan seni populer yang baru.
Dan masih banyak lagi.
Meskipun masuknya seni populer lebih banyak membawa dampak negatif tetapi konsumen seni populer kian lama kian banyak, khususnya generasi muda Indonesia yang lebih memuja budaya milik negara lain daripada budaya milik negara sendiri, kebanyakan generasi muda Indonesia tidak lagi memegang teguh prinsip ataupun aturan-aturan gaya hidup yang di miliki masyarakat Indonesia pada umumnya, mereka seolah-olah gengsi apabila masih harus menggunakan aturan hidup yang di miliki negara dengan menggunakan prinsip yang di ajarkan oleh agama, mereka lebih suka mengikuti gaya hidup yang di miliki oleh negara maju yang menjadi kiblat gaya hidup manusia modern yang tidak mementingkan aturan agama karena faham yang di gunakan oleh negara maju adalah faham liberal yang, hal ini tentulah membawa dampak buruk bagi kemajuan bangsa di masa depan, bagaimana bisa Indonesia menjadi negara maju apabila generasi mudanya sudah tidak lagi memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Jika hal tersebut terus terjadi maka harus ada solusi untuk mencegah generasi muda semakin melupakan identitasnya, beberapa solusi yang bisa kita lakukan adalah :

Pandai menyikapi segala kebudayaan baru yang dengan mudah masuk kedalam kehidupan masyarakat.
Tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang di miliki bangsa, agar kita tidak mudah terpengaruh oleh budaya-budaya asing yang masuk
Pandai membedakan mana budaya yang bersifat negatif dan mana budaya yang bersifat positif.
Menanamkan rasa cinta akan budaya sendiri sejak dini bagi generasi muda bangsa.
Dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com