Test Footer 2

Wednesday, April 24, 2013

lukisan langka ratu elizabeth




TEMPO.CO, Washington D.C. - Perpustakaan Folger Shakespeare di Washington D.C., Amerika Serikat, untuk pertama kalinya memamerkan sebuah lukisan potret langka dari Ratu Elizabeth I. Lukisan sang ratu dengan kerutan di wajah itu tergolong langka karena pernah dilarang beredar pada zamannya.

Lukisan itu diproduksi awal pertengahan 1590 oleh Studio Gheeraerts di Inggris. Sekarang, lukisan itu dimiliki oleh Taman Elizabeth di North Carolina. Di bawah lukisan tertulis pula keterangan periode hidup Ratu Elizabeth I, yakni 1533–1603. Lukisan ini untuk pertama kalinya dipamerkan ke khalayak umum setelah dikonservasi dan dipastikan keasliannya pada 2010-2011 lalu.

Lukisan ini dengan detail memperlihatkan wajah sang Ratu yang mengenakan baju kebesaran megah berwarna putih keabu-abuan. Kepalanya mengenakan semacam mahkota bertakhta berlian dan mutiara. Leher serta bajunya pun berhiaskan untaian mutiara. Tapi yang paling kontroversial adalah gambaran wajah sang ratu yang penuh kerutan. 

Salah satu kurator pameran, Thomas Herron, seorang profesor Bahasa Inggris di East Carolina University, menjelaskan bahwa pada zamannya lukisan ini dilarang karena “ada upaya Elizabeth untuk mengendalikan citra dirinya”. Pendapat senada muncul dari Anna Riehl, penulis The Face of Queenship: Early Modern Representations of Queen Elizabeth. Menurut dia, lukisan ini adalah pengecualian langka karena sama sekali tidak menutupi kekurangan Ratu.

Potret itu dibeli oleh Taman Elizabeth di Manteo, North Carolina, dari sebuah galeri seni di New York seharga US$ 3.000 atau lebih dari Rp 28 juta untuk digantung di gerbang gedung itu. Baru pada 2007 seorang staf tempat itu berupaya menyelidiki asal-usulnya. Lukisan ini akan dipamerkan hingga 19 Mei 2013 mendatang.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com